oleh

Dikalahkan Vietnam, Indonesia Gagal ke Piala Asia U-23 2020

Hanoi-Timnas Indonesia kandas 0-1 di tangan Vietnam pada laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23. Skuat Garuda pun pun gagal bermain di Piala Asia tahun depan.

Dalam pertandingan kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di My Dinh Stadium, Minggu (24/3/2019), Indonesia sempat mengimbangi Vietnam 0-0 di babak pertama. Tapi, gol Vietnam di injury time membuyarkan harapan Skuat Merah Putih bermain di Thailand tahun depan.

Upaya pelatih Indra Sjafri mengubah starter hingga empat pemain tak membuahkan hasil. Indonesia keteteran sejak awal babak pertama.

Timnas langsung mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Vietnam. Bahkan, sejak menit kedua

Timnas berada pada situasi berbahaya saat Vietnam mendapatkan tendangan bebas saat pertandingan baru berjalan dua menit. Satria Tama dengan sigap menggagalkan peluang tuan rumah.

Memasuki menit keenam, Timnas mendapatkan kesempatan untuk membalas. Tapi, sepakan Muhammad Luthfi Kamal tidak akurat.

Empat menit kemudian, timnas kembali membuak peluang untuk bisa unggul saat pemain Vietnam, Nguyen Tanh Chung membuat kesalahan. Dia nyaris melakukan tendangan bunuh diri saat salah mengantisipasi umpan dari Firza Andika.

Sejak itu, permainan Timnas malah mengendur hingga tak berkutik dan tertahan di area sendiri.

Setelah memasuki menit ke-25, Indonesia baru dapat mendekati gawang Vietnam. Satu peluang didapatkan Indonesia lewat tendangan bebas di menit ke-30. Tapi, sepakannya masih bisa diantisipasi oleh kiper Vietnam, B. Tien Dung.

Tendangan bebas didapatkan Vietnam di menit ke-39 berkat kesalahan Osvaldo Haay terhadap Ho Han Tai. Eksekutor dari Vietnam menembak langsung sempat memancing kemelut di depan gawang, namun akhirnya bisa dihalau menjauhi gawang Indonesia.

Tak ada gol hingga babak pertama usai. Kedua tim untuk sementara imbang 0-0.

Indonesia langsung tertekan di babak kedua. Tapi, kemudian bisa mencuri peluang pada menit ke-55. Mendapatkan umpan dari Osvaldo, namun sepakan Egy Maulana Vikri bisa diantisipasi oleh Tien Dung.

Permainan yang tak berkembang memaksa Indra untuk membuat perubahan dengan menarik keluar Witan Sulaeman di menit ke-57.

Indra juga menarik keluar Osvaldo dan memasukkan Gian Zola pada menit ke-75. Tapi, belum ada perubahan signifikan. Egy juga ditarik pada menit ke-82. Pemain Lechia Gdańsk itu diganti oleh Muhammad Dimas Drajad.

Telah berupaya untuk mengadang serangan Vietnam yang tampil sangat dominan, Indonesia malah kebobolan di injury time.

Vietnam mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit-menit akhir babak kedua. Quang Hai menjadi eksekutornya.

Bola sempat membentur deretan pemain Indonesia yang rapat menjaga gawang. Tapi kemudian, Indonesia kebobolan lewat sepak pojok oleh Nguyen Quang Hai yang kemudian diterima oleh tandukan Trieu Viet Hung dan sempat mengenai tiang gawang dan lolos dari antisipasi Satria Tama..

Indonesia pun kalah 0-1 dari Vietnam. Dengan hasil negatif itu, Indonesia telah menelan dua kekalahan, yang eprtama dari Thailand 0-4. Skuat Garuda pun gagal melaju ke Piala Asia 2020 di Thailand. []

Susunan Pemain:
Indonesia:
22 Satria Tama, 11 Firza Andika, 5 Bagas Adi, 4 Nurhidayat, 14 Asnawi, 7 Luthfi Kamal, 10 Egy Maulana (Dimas Drajad 82′), 23 Sani Rizki, 8 Witan Sulaeman (Saddil Ramdani 57′), 20 Osvaldo (Gian Zola 75′), 3 Marinus

Vietnam: 1 B Tien Dung, 2 Do Thanh Thinh (Tran Dinh 55′, Tran Danh 80′), 3 Huynh Tan Sinh, 4 Ho Tan Tai, 5 Doan Van Hau, 7 Trieu Viet Hung, 10 Truong Van Thai Quy (Dinh Tnanh 40′), 14 Nguyen Hoang Duc, 16 Nguyen Tanh Chung, 18 Ha Duc Chinh, 19 Nguyen Quang Hai

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

News Feed