oleh

DPR Aceh Minta Tes Wawancara Mahasiswa Timur Tengah Dilaksanakan di Aceh

Banda Aceh-Ketua Fraksi Partai Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, meminta agar tes wawancara para calon mahasiswa asal Aceh untuk kuliah di Timur Tengah (Mesir, Sudan, dan Maroko (Timur Tengah) untuk dilaksanakan di Aceh, bukan di Jakarta.

Menurut Iskandar, tahapan tes lain seperti tes akademik dilaksanakan di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Alangkah baiknya, tes wawancara juga dilaksanakan di kampus setempat.

Apalagi, jika harus ke Jakarta maka akan membebankan para calon mahasiswa, dengan harga tiket pesawat sangat mahal belakangan ini.

“Pada kita respon lantaran banyak kita terima keluhan dari calon mahasiswa asal Aceh yang akan tes ke Mesir, Sudan, dan Maroko.Ada sekitar 316 peserta asal Aceh yang ikut tes Minggu 16 Juni 2019 di kampus UIN. Nanti yang ikut wawancara mereka yang dinyatakan lulus akademik,” ungkap Iskandar pada awak media pers, Sabtu (15/6/2019).

Terkait permasalahan tersebut, ia mengaku telah melakukan komunikasi dengan Daud Pakeh, Kepala Kemenag Aceh dan Wakil Rektor I UIN, Dr. Gunawan. Dia berjanji akan mencari solusi yang tepat bagi calon mahasiswa guna meringankan biaya.

“Apalagi siap wawancara nanti ada yang tidak pasti lulus. Sebaiknya pihak panitia dari Kemenag Pusat yang turun ke Banda Aceh untuk tes wawancara, jika diarahkan para calon mahasiswa ke Jakarta akan sangat berat diongkos,” harap Alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini. []

Komentar

News Feed