oleh

Generasi Milenial, Bijaklah Menggunakan Media Sosial

Banda Aceh-Kehadiran Media Sosial (Medsos) memang telah merambah hampir kesemua lapisan masyarakat. Di zaman digitalisasi ini, perkembangan teknologi informasi semakin mempengaruhi hidup manusia. Salah satu yang paling banyak digandrungi masyarakat adalah media sosial.

Media sosial dihadirkan untuk membuat komunikasi dan berbagai kegiatan menjadi lebih mudah. Dalam perannya, media sosial saat ini telah membangun sebuah kekuatan besar dalam membentuk pola perilaku dan berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Hal ini yang membuat fungsi media sosial sangat besar.

Itu sebabnya, Ketua Relawan Teknologi Infomasi Komunkasi (RTIK) Kabupaten Aceh Barat Daya, Adi Khairi, mengajak masyarakat, terutama para generasi milenial agar secara bijak dalam menggunakan media sosial.

“Sehingga, apa yang ditulis di Media Sosial (Medsos), tidak berakibat buruk bagi pemilik akun Medsos tersebut. Apalagi sampai berujung keranah hukum,” ujar Adi Khairi.

Menurutnya, masih banyaknya masyarakat yang belum begitu mengetahui akibat tulisan di akun Media Sosial miliknya. “Ada beberapa kasus yang menjerat pemilik akun Media Sosial yang awalnya hanya sekedar guyonan malah berakibat buruk terhadap dirinya, baik berupa pesan maupun gambar yang di share,” katanya.

Patut disadari bahwa social media pada konteksnya termasuk dalam ranah ruang publik yang sifatnya mengikat dengan peraturan, norma dan hukum yang berlaku.

“Kita sebaiknya tidak menampilkan keasusilaan, perjudian, penghinaan, pemerasan, berita bohong, SARA dan ancaman kekerasan.
Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik yang selanjutnya telah diubah dengan Undang-Undang nomor 19 Tahun 2016. Pada UU ITE tersebut terdapat ancaman pidana bagi yang melanggar yaitu 4 tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp.750 juta pada pasal 45,” jelasnya.

Karena itu, ia mengajak untuk menjadikan media sosial sebagai tempat berbagi atau menerima informasi yang baik. “Mari Gunakan Media Sosial untuk mencari teman/relasi baru dan memperluas jaringan koneksi. Lakukan Chek and Richek kebenaran berita atau artikel yang akan diposting/share di Media Sosial,” pintanya mengajak. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed