oleh

Gol Penalti Ismed Sofyan Bawa Persija ke Semifinal Piala Indonesia

Cikarang-Persija Jakarta melangkah ke semifinal Piala Indonesia 2018 setelah meraih kemenangan 1-0 atas Bali United dalam leg kedua 8 besar yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (5/5/2019).

Gol penalti Ismed Sofyan menjadi penentu lolosnya Macan Kemayoran ke semifinal dengan agregat imbang 2-2 dan unggul dalam gol tandang atas Bali United.

Tertinggal satu gol karena kalah 1-2 secara agregat dari Bali United di leg pertama 8 besar Piala Indonesia 2018, Persija berusaha tampil menekan sejak awal pertandingan.

Novri Setiawan bahkan mendapat peluang menembak bola dari dalam kotak penalti Bali United pada menit kesembilan, tapi masih ke atas mistar gawang Bali United.

Meski Persija mencoba untuk menekan demi meraih gol penting yang mereka butuhkan, Bali United justru mampu lepas dari tekanan dan beberapa kali mengancam gawang Macan Kemayoran.

Sebuah peluang emas didapatkan Bali United pada menit ke-16. Tendangan bebas Fadhil Sausu yang berhasil menembus pagar pemain Persija masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Andritany Ardhiyasa.

Persija kembali mendapatkan peluang melalui Bruno Matos pada menit ke-21. Sayangnya, peluang tersebut tidak juga berhasil dikonversi menjadi gol. Sejumlah peluang serupa terus tercipta di babak pertama, tapi hingga 45 menit berakhir, kedudukan tetap imbang tanpa gol.

Bali United mendapatkan peluang melalui tendangan bebas Stefano Lilipaly pada menit ke-49. Namun, tembakan tersebut masih mampu dihalau dengan baik oleh Andritany.

Piala Indonesia – Bali United Vs Persija Jakarta. (FOTO | BOLA.COM)

Persija mendapatkan peluang emas setelah wasit menunjuk titik putih pada menit ke-56 karena menganggap gelandang Bali United, Brwa Nouri, melakukan handball saat duel dengan Novri Setiawan di kotak penalti. Namun, protes keras dilakukan pemain Bali United terhadap keputusan wasit, di mana Willian Pacheco pun mendapatkan kartu kuning atas protes kerasnya.

Persija akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-58 lewat titik putih. Pemain veteran Macan Kemayoran, Ismed Sofyan, yang maju sebagai eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Sebuah peluang emas lewat tendangan bebas dilepaskan oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-64. Tembakan keras penyerang Bali United yang sedikit berbelok karena mengenai kepala rekan setimnya itu masih mampu dihalau dengan baik oleh Andritany.

Stefano Lilipaly kembali mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol ke gawang Persija pada menit ke-69. Mendapatkan umpan pendek dari Yabes Roni, Lilipaly sempat melakukan turn di depan pemain belakang Persija dan melepaskan tembakan yang lagi-lagi masih bisa dihalau oleh Andritany.

Persija harus kehilangan satu pemainnya setelah gelandang bertahannya, Sandi Sute, mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-90 setelah melanggar Paulo Sergio di lapangan tengah. Unggul jumlah pemain di masa injury time menjadi peluang bagi Bali United untuk bisa menyamakan kedudukan.

Namun, Bali United justru gagal memaksimalkan keunggulan jumlah pemain setelah Made Andhika Wijaya melanggar Riko Simanjuntak di dekat kotak penalti Bali United pada menit pertama masa injury time. Made Andhika pun mendapatkan kartu kuning kedua yang membuatnya juga harus keluar dari lapangan.

Peluit panjang pun berbunyi. Persija menang 1-0 dalam pertandingan ini berkat gol penalti Ismed Sofyan yang memastikan mereka lolos ke semifinal Piala Indonesia 2018. Macan Kemayoran melangkah ke babak empat besar dengan agregat imbang 2-2, tapi unggul gol tandang yang mereka ciptakan di kandang Bali United pada leg pertama. []

Susunan Pemain
Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto (belakang); Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Heri Susanto (depan)
Pelatih: Ivan Kolev

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Made Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Ricky Fajrin, Leonard Tupamahu (belakang); Brwa Nouri, Fadhil Sausu, Paulo Sergio (tengah); Irfan Bachdim, Yabes Roni, Stefano Lilipaly (depan)
Pelatih: Stefano Cugurra Teco

(Sumber | BOLA.COM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed