oleh

Gol Pogba-Mbappe Dibalas Mandzukic, Prancis 4 Kroasia 2

Moskow-Prancis menambah keunggulan lewat gol Paul Pogba dan Kylian Mbappe di final Piala Dunia 2018. Tapi Mario Mandzukic membalas dan Prancis kini unggul 4-2.

Jalannya Pertandingan

Kroasia tampil menekan sejak menit-menit awal. Mereka tak memberi kesempatan kepada Prancis untuk mengembangkan permainan.

Namun serangan-serangan yang dilancarkan Kroasia hingga memasuki menit ke-15 belum membuahkan hasil. Lini belakang Prancis tampil solid untuk mematahkan upaya-upaya Kroasia.

Prancis mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Kroasia di menit ke-18 menyusul pelanggaran Marcelo Brozovic terhadap Antoine Griezmann.

Griezmann maju sebagai eksekutor. Tendangannya coba dihalau oleh Mario Mandzukic, tapi sundulan penyerang Kroasia itu justru mengarahkan bola ke gawang sendiri. Prancis pun unggul 1-0.

Kroasia mencoba membalas. Namun sundulan Damagoj Vida yang meneruskan umpan Luka Modric masih melambung di atas mistar gawang.

Upaya Kroasia untuk menyamakan skor membuahkan hasil di menit ke-28. Kegagalan lini belakang Prancis menghalau tendangan bebas dimanfaatkan oleh Kroasia.

Bola yang dibelokkan Mandzukic kemudian jatuh ke kaki Vida dan dioper kepada Perisic. Perisic mengontrol bola dan kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri untuk menjebol gawang Hugo Lloris.

Drama terjadi di menit ke-35. Bola tendangan sudut dari Griezmann yang disundul Blaise Matuidi diklaim mengenai tangan Perisic. Wasit langsung memberi isyarat untuk mengecek VAR.

Setelah melihat rekaman video, wasit memutuskan untuk memberi hadiah penalti kepada Prancis di menit ke-38. Griezmann dengan tenang mengecoh Danijel Subasic. Tendangannya ke arah kiri yang gagal ditebak Subasic mengembalikan keunggulan Prancis.

Skor 2-1 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, pertandingan langsung berjalan dalam tempo tinggi. Prancis mengambil inisiatif lebih dulu dan tembakan Griezmann dari depan kotak penalti masih mengarah tepat ke Subasic.

Paul Pogba kehilangan bola di tengah dan Kroasia melancarkan serangan balik. Ante Rebic yang menerima bola lambung kemudian melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti, tapi bola ditepis dengan satu tangan oleh Lloris.

Prancis gantian melancarkan serangan lewat Kylian Mbappe. Dari sisi kanan, Mbappe dengan kecepatannya merangsek masuk ke kotak penalti meski ditempel oleh Vida. Mbappe mencoba menaklukkan Subasic dari sudut sempit, tapi tak berhasil.

Meski terus ditekan Kroasia, Prancis tetap solid di belakang. Prancis justru mampu menambah gol lagi di menit ke-59.

Mbappe mengawali serangan Prancis dari sisi kanan dan bola yang ia kirim ke kotak penalti jatuh ke kaki Pogba. Tendangan pertama Pogba diblok oleh pemain belakang Kroasia.

Bola muntah kembali mengarah ke Pogba. Kali ini gelandang Prancis itu tak menyia-nyiakannya. Tendangannya yang kedua mengecoh Subasic dan masuk ke gawang.

Hanya berselang enam menit, Prancis menambah gol lagi. Mbappe mendapat ruang di luar kotak penalti dan melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Subasic.

Namun Kroasia langsung membalas di menit ke-69. Lloris melakukan blunder di depan gawangnya. Saat berupaya untuk menggocek, Mandzukic yang berada di dekatnya mampu merebut bola dan memasukkannya ke dalam gawang. Prancis 4 Kroasia 2.[]

Susunan Pemain

Prancis: Lloris, Pavard, Varane, Umtiti, Lucas, Mbappe-Lottin, Pogba, Kante (N’Zonzi 55′), Matuidi, Griezmann, Giroud

Kroasia: Subasic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Strinic, Rebic, Rakitic, Brozovic, Perisic, Modric, Mandzukic

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

News Feed