oleh

Google Rayakan Ultah George Boole ke-200

Kolom Gadget – Warna-warni logo Google dengan simbol X, Y, NOT, OR, AND juga XOR muncul di halaman depan Google saat ini. Ternyata, Google sedang memperingati hari ulang tahun George Boole. Siapa dia?

Bagi anda yang membuka Google hari ini, ada doodle berbeda yang ditampilkan oleh situs mesin pencari raksasa itu. Ya, Google melalui Doodle merayakan hari ulang tahun tokoh penting dunia, George Boole. Lantas, siapa George Boole itu?

Bagi anda yang memang ahli dalam ilmu Matematika, anda tentu mengenal tokoh ini. George Boole adalah seorang matematikawan Inggris, ahli logika sekaligus seorang filsuf yang karyanya menjadi dasar bagi ilmu komputer modern sekarang ini. Ia juga dikenal sebagai “ayah era informasi.” Karyanya yang paling terkenal tentu saja aljabar Boolean dan di Inggris juga dikenal sebagai penulis dan pemikir hukum. Beberapa karya yang dibuat menggunakan karya George Boole adalah komputer, informasi penyimpanan, sirkuit dan kontrol elektronik.

Dalam gambar Doodle Google, mesin pencari ini menggambarkan beberapa huruf seperti X, Y, NOT, OR, AND juga XOR yang merupakan persembahan untuk memperingati sang ayah era informasi, George Boole. Ia juga banyak menuangkan karya-karyanya dalam seni matematika melalui sebuah buku berjudul “An Investigation of the Laws of Thought” di usia 39 tahun.

Ia juga telah mengembangkan beberapa postulat yang dilambangkan melalui istilah “K, +, X”. K melambangkan himpunan yang tak bisa ditentukan. Sementara beberapa elemen lainnya seperti a, b, c, …, dan a + b juga a x b adalah hasil dari seitar 2 operasi biner yang tak bisa ditentukan dari +, X.

George Boole lahir pada 2 November 1815 di Lincoln Inggris, namun tutup usia pada 8 Desember 1864 di County Cork, Irlandia. Ia mendapatkan julukan “ayah era informasi” karena kontribusinya terhadap ilmu komputer modern melalui penemuan aljabar Boolean yang ditemukan pada tahun 1954.

SUMBER | KOLOM GADGET

Komentar

News Feed