oleh

Google Sediakan Internet Gratis untuk Penumpang Kereta

Jakarta-Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kemajuan India, perusahaan Google berencana menyediakan koneksi Wi-Fi publik berkecepatan tinggi di 100 stasiun kereta api India.

Sang raksasa teknologi telah bekerja sama dengan perusahaan infrakstruktur telekomunikasi milik pemerintah setempat, Indian Railways and RailTel, untuk melingkupi 100 stasiun tersibuk di India.

Situs PC World memberitakan, target Google dan India proyek ini sudah bisa selesai sebelum penghujung 2016 mendatang. Sejumlah stasiun pertama diharapkan sudah bisa online dalam waktu beberapa waktu bulan ke depan.

“Dengan mengubah 100 stasiun kereta api menjadi online, proyek ini bakal membuat koneksi Wi-Fi bisa dijangkau oleh lebih dari 10 juta orang yang melewatinya setiap hari,” tulis CEO Google, Sundar Pichai dalam sebuah publikasi blog perusahaan.

Layanan tersebut memang akan diberikan secara cuma-cuma alias tak berbayar, namun tujuan dari proyek ini adalah, menurut Pichai, adalah membuatnya menjadi berkelanjutan, yang pada akhirnya bisa menyediakan Wi-Fi di banyak stasiun dan tempat-tempat lain.

Pichai berharap, masyarakat India menggunakan Wi-Fi gratis tersebut untuk menikmati konten multimedia seperti video resolusi High-Definition (HD), mengunduh video, jurnal, ataupun bermain game.

Perdana Menteri India, Narendra Modi juga baru berkunjung ke markas Google sebagai bentuk upaya dorongan kepada para penghuni Silicon Valley untuk proyek Digital India yang bertujuan menghubungkan banyak masyarakat ke Internet.

“Kami ingin 1,25 miliar masyarakat bisa terhubung secara digital. Kami sudah punya pitalebar di sepanjang India yang meningkat 63 persen pada 2014. Kami butuh percepat proses ini,” kata Modi.

Modi kepada para eksekutif teknologi Silicon Valley mengatakan bahwa India telah meluncurkan perluasan jaringan serat optik yang mengirim pitalebar ke 600 ribu pedesaan.

Diketahui jalur kereta api di India mampu menampung 21 juta orang setiap hari dan pemerintah setempat berencana untuk menambah kapasitas untuk 30 juta penumpang dalam kurun waktu lima tahun, diiringi oleh perpanjangan lintasan sebanyak 20 persen menjadi 138 ribu kilometer.

Sumber | CNNINDONESIA.COM

Komentar

News Feed