oleh

H.T. Alaidinsyah : Meulaboh Bukan Sekedar Nama

Meulaboh-Bupati Aceh Barat, H.T. Alaidinsyah, mengungkapkan Meulaboh bukan sekedar nama, namun terkandung begitu banyak cerita dan filosofi akan nilai-nilai luhur yang menjadi penguat dan ke-khasan dari tanah ini. [Baca: Peringati Hari Jadi, Ini Pesan Bupati Aceh Barat]

“Atas referensi sejarah, tanggal 11 Oktober tahun 1588, merupakan hari naik tahtanya Sultan Alaudin Ri’ayat Syah yang bergelar Sayyid Al-Mukammil. Ini menjadi dasar penentuan hari jadi Meulaboh,” kata H.T. Alaidinsyah, saat menyampaikan sambutannya pada upacara perayaan hari ulang tahun Kota Meulaboh ke 427 dan Kabupaten Aceh Barat ke 70 tahun, Senin 12 Oktober 2015, di halaman Setdakab setempat.

Atas dasar tanggal itu pula, kata dia, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bersama legeslatif dan atas masukan para tokoh daerah daerah ini menetapkan sebagai hari jadi Meulaboh yang kini telah berusia 427 tahun.

“Umur yang terbilang panjang dalam perjalanan hingga terbentuknya bangsa ini. Meulaboh bukanlah daerah baru yang masih harus mencari jati diri,” katanya lagi.

Menurutnya, dengan segenap kemampuan dan potensi yang dimiliki, ia pengimbau kepada semua pihak mari menjadikan momentum hari ulang tahun Meulaboh ini sebagai motivasi untuk terus menghasilkan karya terbaik, demi terwujudnya kejayaan daerah tersebut.

“Begitu juga dengan sejarah lahirnya Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten induk dari beberapa kabupaten lainnya yang kini telah mandiri. Ini menjadi sebuah kebanggaan kita bahwa Aceh Barat adalah Kabupaten tua yang berjalan seiring dengan lahirnya bangsa indonesia,” tuturnya.

Masih kata dia, tanggal 29 Desember 1945, yang bertepatan dengan hari pelantikan Ibnu Sakdan sebagai Bupati Aceh Barat pertama, ditetapkan Pemerintah Daerah sebagai hari jadi Kabupaten Aceh Barat yang pada tahun ini berusia 70 tahun.

“Penetapan hari jadi kedua nama ini merupakan bentuk kepedulian kami Pemkab Aceh Barat bersama jajaran dalam upaya menghimpun sejarah bangsa agar memiliki pedoman yang kuat dari perjalanan daerah ini,” lanjut dia.

Reporter | Khairul

Komentar

News Feed