oleh

[Hari Guru Nasional] Jokowi: Kemuliaan Seorang Guru Ada Pada Karyanya

Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kemuliaan seorang guru ada pada karya yang dihasilkan. Menurutnya, dirinya bisa menjadi presiden Indonesia merupakan hasil karya guru.

“Kemuliaan seorang guru karena karyanya. Saya sendiri adalah karya dari guru-guru saya. Dan kita semua merupakan karya dari guru-guru kita,” kata Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di acara puncak peringatan Hari Guru Nasional di Istora, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Acara itu dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan ribuan guru.

Jokowi mengatakan, karya nyata guru-guru tersebar di kota besar hingga pelosok. “Karya nyata guru-guru yang hari ke hari harus menapaki jalan puluhan kilometer untuk terus bisa berkarya,” kata Jokowi.

Jokowi juga menegaskan, kualitas masyarakat ditentukan oleh guru. “Kualitas manusia Indonesia di masa depan ditentukan oleh guru-guru kita hari ini,” katanya.

“Karena itu guru bukan sekadar pendidik melainkan peletak dasar masa depan kita semua,” tambahnya.
Jokowi menyebut, guru merupakan agen perubahan karakter bangsa. Dia juga menitipkan agar para guru terus memberikan pelajaran tentang ethos kerja, integritas dan gotong royong di ruang kelas.

“Kita harus bekali generasi masa depan kita dengan mentalitas pemenang, mentalitas yang positif, yang kreatif dan kompetitif, tetapi tetap memiliki keluhuran budi pekerti yang tinggi dan solidaritas sosial yang kuat,” kata Jokowi.

“Terus kembangkan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta mendorong peserta didik untuk aktif dan berpikir kritis,” tambah Jokowi.

SUMBER | DETIK.COM

Komentar

News Feed