oleh

Hari Ini Pembukaan HAI di Subulussalam

Subulussalam-Peringatan sekaligus pameran Hari Aksara Internasional (HAI) ke-50 tingkat Provinsi Aceh yang dipusatkan di kompleks pemerintahan, Lapangan Sadakata, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri, direncanakan dibuka Sekretaris Daerah Aceh, Drs Der­ma­wan, hari ini, Senin (9/11). Pameran ber­­langsung sepanjang 9-12 November.

“Kegiatan HAI akan dibuka oleh Pak Sekda Demawan,” kata Kabag Hu­mas dan Protokol Setdako Subulus­sa­lam, Ab­dur­rahmansyah SE MM, ke­pada warta­wan di sela-sela meninjau per­siapan di lokasi acara, Minggu (8/11).

Dikatakan, semua persiapan seperti tempat dan stan pameran sudah men­capai 90 persen dan hanya tinggal pe­nyelesaian akhir. Ini berkat kesung­guhan semua panitia dalam menyuk­seskan event provinsi tersebut.

“Alhamdulillah persiapan sudah 90 persen lebih, tinggal penyelesaian akhir, mungkin ada yang masih kurang dan belum maksimal, akan terus dimatang­kan sebelum pembukaan,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan HAI yang berlangsung selama empat hari ini dimulai Senin pagi dan dihadiri seluruh kontingen 23 kabupaten/kota se-Aceh. Kedatangan Sekda Aceh Dermawan disambut tari Dampeng dan tari massal murid PAUD se-Kota Subulussalam. Sebelum acara dibuka, terlebih dahulu dilakukan penyerahan piala bergilir dari pemenang HAI ke-49 Pemko Sabang ke Sekda Aceh selanjutnya diserahkan kepada Panitia HAI ke-50.

Ditambahkan, beberapa kegiatan yang dilaksanakan di antaranya lomba kreativitas anak PAUD dan TK seperti lomba mewarnai, membaca surat pendek Quran, baca puisi dan kaligrafi serta peragaan busana. Sementara tingkat SMP lomba baca puisi, tari krea­si, pidato dan selawat badar serta as­maul husna. “Begitu juga tingkat SMA akan mengikuti lomba lukis, pidato dan salawat badar,” tambahnya.

Dalam event ini, lanjutnya, pihaknya menargetkan memenangi seluruh cabang lomba untuk mendapatkan juara umum. Untuk mendukung target tersebut semua peserta lomba mulai dari PAUD dan TK, SMP dan SMA sudah dilatih secara kontinyu sejak beberapa bulan lalu untuk menghadapi perlombaan ini.

“Target kita kalau bisa memenangi seluruh cabang lomba agar dapat juara umum,” katanya optimis.

SUMBER | ANALISADAILY.COM

Komentar

News Feed