oleh

Hattrick Ronaldo Antarkan Juventus Lolos ke Perempatfinal Liga Champions 2018-2019

Turin-Juventus mengemban tugas berat untuk meraih kemenangan minimal 3-0 atas Atletico Madrid dalam leg II babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 di Alianz Stadium, Rabu (13/3/2019), dini hari WIB. Demi meraih kemenangan atas Atletico, Juventus pun langsung tancap gas melancarakan serangan ke pertahanan tim tamu.

Usaha keras Juventus berbuah hasil karena mampu menang telak 3-0 atas Atletico. Dengan hasil itu, maka Juventus berhak lolos ke babak selanjutnya karena unggul agregat 3-2 atas Atletico.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Juventus yang butuh kemenangan besar langsung mengambil inisiatif menyerang. Tekanan besar yang dilancarkan Juventus sejak menit awal membuat Atletico lebih banyak bertahan guna menghindari gol pada menit-menit awal pertandingan.

Usaha tim asuhan Massimiliano Allegri itu membuahkan hasil di menit kelima saat sang kapten, Giorgio Chiellini, membuat gol. Akan tetapi, gol cepat itu harus dianulir oleh wasit karena sebelumnya ada pelanggaran yang dilakukan Cristiano Ronaldo terhadap penjaga gawang Atletico, Jan Oblak. Skor kacamata pun belum mengalami perubahan.

Karena Juventus lebih banyak menguasai bola, Atletico akhirnya mengandalkan serangan balik guna membuat gol tandang. Kendati demikian, serangan balik yang dirancang tim asuhan Diego Simeone itu belum berjalan lancar karena banyak pemain Atletico yang berada di area pertahanan sendiri.

Kondisi itu membuat Atletico tetap sulit untuk melakukan serangan balik ke pertahanan Juventus. Alhasil, La Vecchia Signora –julukan Juventus– tetap jadi tim yang lebih banyak melakukan serangan. Usaha Juventus untuk membuat gol akhirnya berbuah hasil melalui sundulan Ronaldo yang memanfaatkan umpan silang dari Federico Bernardeschi dari sisi kanan pertahanan Atletico pada menit ke-27.

Keunggulan satu gol itu membuat Juventus lebih bersemangat untuk membuat gol kedua. Berbagai serangan pun dirancang oleh tim asuhan Allegri itu demi menemukan celah di pertahanan tim tamu. Akan tetapi, gol Ronaldo itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama.

Babak Kedua
Juventus tetap bermain layaknya 45 menit pertama pada babak kedua. Momentum yang didapatkan tim asuhan Allegri itu tetap dipertahankan untuk menekan Atletico. Tekanan yang diciptakan Juventus sejak awal babak kedua berbuah hasil dengan cepat.

Ronaldo kembali jadi aktor protagonis untuk gol kedua Juventus di menit ke-49. Ronaldo lagi-lagi memenangi duel udara dengan bek-bek Atletico saat menyambut umpan silang dari Joan Cancelo. Sundulan Ronaldo Sejatinya mampu ditepis keluar gawang oleh Oblak, tetapi wasit tetap menganggapnya sebagai gol karena bola sudah melewati garis gawang. Kedudukan pun berubah jadi 2-0 untuk keunggulan Juventus.

Juventus yang sudah menyamakan skor agregat jadi 2-2, lebih meningkatkan serangannya untuk menciptakan gol ketiga. Pada menit ke-71, Ronaldo berusaha menciptakan hattrick melalui aksi individunya. Akan tetapi, sentuhan terakhir pemain berpaspor Portugal itu tidaklah cukup baik sehingga bola terlepas dari kakinya.

Selang tiga menit kemudian, Juventus mendapatkan tendangan bebas yang tak jauh dari kotak penalti Atletico. Miralem Pjanic yang menjadi algojo mengirimkan umpan ke kotak penalti tim tamu. Bola mampu disambut sundulan Mario Mandzukic, tetapi arahnya belum tepat sasaran.

Namun, Juventus akhirnya mampu membuat gol ketiga di menit ke-86 lewat tendangan penalti. Penalti didapatkan Juventus karena Bernardeschi dijatuhkan di kotak terlarang oleh pemain Atletico.

Ronaldo yang maju sebagai algojo mampu mencatatkan namanya di papan skor karena bola hasil sepakan kerasnya gagal dihentikan Oblak. Hattrick Ronaldo membawa Juventus memenangkan pertandingan sekaligus lolos ke babak selanjutnya karena unggul agregat 3-2 atas Atletico.

Berikut susunan pemain Juventus vs Atletico di Liga Champions.

Juventus XI (4-3-3): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (c), Leonardo Spinazzola; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo.

Atletico XI (4-4-2): Jan Oblak; Santiago Arias, Jose Gimenez, Diego Godin (c), Junfran; Koke, Rodrigo, Saul Niguez, Thomas Lemar; Alvaro Morata, Antoine Griezmann.

(Sumber | OKEZONE.COM)

Komentar

News Feed