oleh

Instruksi AHY untuk Caleg Demokrat Menjelang Pemilu 2019

Jakarta-Komandan Komando Satuan Tugas (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengumpulkan seluruh Ketua Dewan Pengurus Daerah se-Indonesia. Mereka menggelar rapat konsolidasi di Kantor Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat, Jakarta, pada Sabtu, 2 Maret 2019.

“Saya hari ini bersama sejumlah petinggi partai demokrat ketua DPD seluruh Indonesia yang hadir pada siang hari ini melakukan rapat konsolidasi komando,” kata AHY dalam konferensi pers seusai rapat.

Dalam konferensi pers itu, AHY menyampaikan sejumlah hal terkait Demokrat dan Pemilu 2019. Berikut di antaranya.

Gelar Rapat Konsolidasi
AHY mengatakan menggelar rapat konsolidasi untuk menghadapi pelaksanaan pemilihan umum Pemilu 2019. Menurutnya tujuan rapat konsolidasi ini agar pimpinan partai bisa menyaring aspirasi dari seluruh kader di daerah.

AHY mengatakan elektabilitas Demokrat di Indonesia dibagi tiga kategori, aman, rawan dan potensial. “Ada yang sudah baik, ada yang masih perlu bekerja keras, sehingga bisa mengejar ketertinggalannya,” kata AHY.

SBY Tetap Ketua Umum Demokrat
AHY menegaskan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono tetap Ketua Umum Partai Demokrat. Tak ada perubahan struktur partai. Dia mengatakan hanya mewakili SBY membacakan pidato rekomendasi partai untuk pemenangan Pilpres 2019, Jumat kemarin.

AHY mengaku ditugaskan SBY menjadi pemimpin program pemenangan Demokrat untuk Pemilu 2019. SBY sebelumnya menyatakan dirinya tak bisa memimpin pemenangan partai karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang sakit leukimia.

Prioritas untuk Caleg
AHY mengatakan partainya tak bisa mengharapkan efek ekor jas dari pilpres 2019. Dia mengatakan efek ekor jas hanya dirasakan dua partai utama pengusung capres dan cawapres, yakni PDIP dan Gerindra. Oleh karena itu, Partai Demokrat mengusung strategi yang berorientasi pasa pemenangan caleg.

Target Suara
AHY menargetkan partainya meraup lebih dari 10 persen suara dalam pileg 2019. Dia mengatakan perolehan suara Demokrat dalam Pemilu 2014 menjadi tolak ukur dalam menentukan target perolehan suara dalam pileg April nanti. Dalam pemilu 2014, Demokrat memperoleh 10,2 persen suara.

Putra sulung mantan presiden SBY itu mengatakan sebenarnya awalnya Demokrat menargetkan memperoleh 15 persen suara dalam pileg ini. Namun, target itu direvisi melihat hasil survei dan kondisi yang berkembang.

Kampanye ke Kedai Kopi
AHY menginstruksikan caleg partainya untuk kampanye dari pintu ke pintu. Salah satunya ke kedai makanan dan warung kopi. “Secara mikro kami harus buat strategi dari rumah ke rumah, ke kedai-kedai, dan dari warung kopi ke warung kopi,” kata dia. []

(Sumber | TEMPO.CO)

Komentar

News Feed