oleh

Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla Kunjungi Aceh

Banda Aceh-Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu-ibu anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja melakukan kunjungan kerja ke Aceh Kamis, 31 Januari 2019.

Di Aceh, Iriana Jokowi dan rombongan melakukan serangkaian acara, di antaranya meninjau pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini, meninjau layanan kesehatan di puskesmas, mensosialisasikan bahaya penggunaan narkoba serta sosialisasi parenting.

Iriana Jokowi dan rombongan tiba di Aceh sekira pukul 10.00 WIB pagi. Ia bersama rombongan disambut Forkopimda Aceh di Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang. Sembari beristirahat di ruangan VVIP bandara, Iriana Jokowi bersama Mufidah Kalla bersama rombongan disajikan kue khas Aceh dan kopi arabica gayo.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke PAUD Permata Hati. Ke sana, para tetamu didampingi langsung oleh Wakil Bunda PAUD Aceh, Dyah Erti Idawati. Di sekolah usia dini ini, Iriana Jokowi menyempatkan menanam tanaman dalam polybag bersama para anak-anak sebagai bentuk keramahan lingkungan.

Ia juga mempraktikkan cara mencuci tangan sebagai penerapan hidup bersih dan sehat. Selanjutnya, ibu negara turut menyambangi pojok baca anak-anak PAUD Permata Hati.

Iriana juga memberikan bingkisan berupa tas, buku tulis,tempat makanan dan barang lainnya kepada anak-anak PAUD. Selain itu, Iriana juga membagikan ikan kepada para siswa untuk dimakan bersama.

Makan ikan, merupakan salah satu program rombongan Iriana dalam membentuk pola makan sehat bagi anak-anak Indonesia. “Semoga anak-anak tambah sehat, pintar dan tumbuh baik,” kata Iriana Jokowi.

Usai dari PAUD Permata Hati, rombongan melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Meuraxa. Di sana, tetamu dari Jakarta tersebut meninjau sosialisasi deteksi dini kanker servick, penanggulangan TBC, dan pencegahan serta penanggulangan stunting yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Aceh bersama Pemko Banda Aceh.

Didampingi istri Plt Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati, Iriana dan Mufidah melihat langsung pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker servick, di ruang Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Meuraxa.

Iriana memuji kondisi Puskesmas Meuraxa yang ia nilai bagus dan meminta agar pelayanan kesehatan terus ditingkatkan. Sebelum meninggalkan Puskesmas Meuraxa Banda Aceh, Iriana dan Mufidah melakukan penanaman pohon mangga dan jambu di halaman Puskesmas tersebut.

Penanaman pohon tersebut dimaksudkan sebagai sebagai simbol kepedulian rakyat Indonesia terhadap lingkungan hidup yang hijau nan astri. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed