oleh

Jelang Pergantian Tahun, Penjualan Kondom Laris Manis

PENAPOST.COM-Momen pergantian tahun mungkin menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Tak terkecuali para pedagang pernak pernik yang biasa digunakan saat menyambut tahun baru, seperti terompet. Karena bagi mereka itu merupakan saatnya meraup keuntungan.

Namun ada hal yang berbeda yang terjadi di Karawang, Jawa Barat. Menjelang perayaan pergantian tahun justru barang yang laris manis dan paling diburu adalah alat kontrasepsi seperti kondom. [Baca Juga: “Beli Kondom Harus Tunjukkan KTP”]

Di sejumlah apotek, toko serta mini market, penjualan alat kontrasepsi itu disebut-sebut mengalami peningkatan penjualan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, sejumlah apotek di Karawang mengalami peningkatan omset dari penjualan alat tersebut.

Peningkatan penjualan itu diakui beberapa pengurus apotek di Karawang dan para pengelola terjadi seiring dengan semakin dekatnya malam pergantian tahun.

Intan (24), salah seorang karyawan apotek di Cikampek, mengakui permintaan alat kontrasepsi jenis kondom sejak beberapa hari terakhir terus meningkat dibanding hari biasa. “Kami hanya menyediakan. Soal untuk apa kondom itu, ya kami tidak tahu,” kata Intan, Kamis (27/12).

Dikatakan Intan, fenomena meningkatnya jumlah penjualan kondom dialami hampir setiap pergantian tahun, sehingga pihaknya sejak jauh hari sudah menambah stok hingga 50 persen.

Diprediksi, peningkatan jumlah pembeli akan lebih besar satu hari sebelum malam pergantian tahun. “Kami jujur saja tidak tahu soal fenomena tersebut. Hanya harapan kami tentunya bukan untuk dipakai hal yang negatif seperti melakukan seks bebas,” katanya.

Hendi (23) kasir di Apotek Jalan Juanda, Karawang, mengatakan, jika larisnya alat kontrasepsi seolah menjadi agenda rutin tiap tahun. Ini karena banyak kalangan yang akan menggunakannya pada malam pergantian tahun.

Mereka yang datang disebutkan Hendi, mulai dari anak muda hingga orangtua. Dari sekian banyak merek dan jenis semuanya hampir terjual habis. “Intinya semua tergantung selera pembeli,” ujar dia.

Hendi juga mengatakan setidaknya beberapa kotak kondom telah terjual dari apoteknya. “Sudah lumrah seperti tahun-tahun sebelumnya akan berbeda jauh dengan hari biasa. Kalau mayoritas yang membeli sih anak muda,” jelas Hendi. []

(Sumber | MERDEKA.COM)

Komentar

News Feed