oleh

Jokowi-Prabowo Bertemu, Perseteruan Cebong dan Kampret Berlalu

Jakarta-Penantian publik atas pertemuan Joko Widodo dan Prabowo Subianto terbayar sudah. Sabtu (13/7) lalu, keduanya memutuskan untuk bertemu di kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di Stasiun MRT, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Tak ada raut muram antara Jokowi dan Prabowo, keduanya saling melempar senyum dan bersalaman, bak teman yang tak berjumpa lama. Ini merupakan pertemuan perdana antara Jokowi dan Prabowo usai pemungutan suara Pilpres 2019 pada 17 April.

Prabowo tiba lebih dulu, disusul Joko Widodo. Keduanya kompak memakai pakaian putih-putih. Mensesneg Pramono Anung, Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala BIN Budi Gunawan juga kompak memakai pakaian putih.

Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta. (FOTO VIA | KUMPARAN.COM)

Pertemuan terakhir keduanya yakni di final Debat Pilpres 2019, tanggal 13 April. Tepat 4 hari sebelum hari pencoblosan pada 17 April 2019. Dalam debat itu dua calon saling adu gagasan untuk menggaet suara.

Pertemuan keduanya memberi isyarat, tensi politik di masyarakat usai pemilu sudah cair. Tak ada lagi istilah ‘cebong’ dan ‘kampret’

“Tak ada lagi 01 atau 02. Tidak ada lagi cebong tidak ada lagi kampret. Yang ada adalah Garuda Pancasila,” ujar Jokowi di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7).

Hal senada juga diungkapkan Prabowo, ia menegaskan bahwa kompetisi pilpres telah berakhir. Menurutnya, silaturahmi perlu dilakukan. “Tak ada cebong, tak ada kampret. Semua merah putih,” ungkap Prabowo.

Saat itu, Prabowo juga menyampaikan, ia siap jika diperlukan untuk membantu Jokowi. Meski tak menutup kemungkinan pihaknya akan menjadi oposisi pemerintah kelak.

Jokowi dan Prabowo saat memberikan keterangan pers di Stasiun MRT Senayan. (FOTO VIA | KUMPARAN.COM)

“Oposisi juga siap, check and balance siap. Yang penting negara kita kuat,” kata Prabowo usai bertemu Jokowi di fX Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7).

Jokowi dan Prabowo menyempatkan diri untuk santap siang di Restoran Sate Senayan di fX, Sudirman.

Keduanya sempat berbincang sambil menunggu hidangan tiba. Sate dan es kelapa menjadi menu makan siang mereka saat itu. Selain, itu menu makanan yang dipesan keduanya antara lain, Pecel Madiun, Cenil, Ongol-ongol Mendut, dan Teh tawar.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo berlangsung selama 80 menit, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.20 WIB. []

(Sumber | KUMPARAN.COM)

Komentar

News Feed