oleh

Jumlah Pemilih di Aceh pada Pemilu 2019 Bertambah

Banda Aceh-Jumlah pemilih di Aceh pada Pemilu 2019 mengalami penambahan. Ini sesuai dengan hasil Rapat Pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP) Tahap II, yang digelar Rabu 14 November 2018, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh.

Rapat Pleno dipimpin Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri dihadiri para komisioner KIP Aceh lainnya, Muhammad, Munawar Syah, Akmal Abzal, Agusni dan Ranisah. Juga hadir Komisioner KIP Kabupaten/Kota seluruh Aceh dan Panwaslih Aceh serta perwakilan partai politik dan calon anggota DPD.

Rapat pleno dibuka Ketua KIP, selanjutnya dipandu oleh para komisioner lainnya memberikan kesempatan kepada masing-masing Komisioner KIP Kabupaten/Kota menyampaikan dan mencermati hasil DPT HP-2 di daerahnya. “Melihat kembali, supaya tepat dan tidak keliru,” kata Agusni. Panwaslih juga diberikan kesempatan untuk mengoreksi hasil.

Sesuai hasil pleno DPT HP-2, pemilih di Aceh tercatat sebanyak 3.515.121 orang, terjadi sedikit penambahan dari DPT HP-1 yang telah ditetapkan sebelumnya, 3.441.039 pemilih.

Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri mengatakan penambahan terjadi hampir rata di semua kabupaten setelah adanya data tambahan yang terjadi saat KIP Aceh meluncurkan program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), sepanjang Oktober kemarin. “Ada juga pengurangan karena telah meninggal dunia dan ada pemilih yang pindah,” katanya.

Penambahan umumnya terjadi karena telah cukup umur untuk memilih pada saat pendataan perbaikan dilakukan. “Data terus diperbaiki dan saya rasa masalah DPT sudah sangat bagus,” katanya.[]

(Editor    | Redaksi)
(Sumber | KIP ACEH)

Komentar

News Feed