oleh

Jumlah Peserta Lulus CPNS Kemenag Aceh Tak Mampu Penuhi Kuota Formasi

Banda Aceh-Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh menggunakan sistem Computer Assitet Tes (CAT) telah berakhir. Dari 20.476 peserta ujian yang mengikuti tes, hanya 119 orang atau 0.58 persen yang dinyatakan lulus.

Banyaknya peserta yang tidak lulus dikarenakan mereka tidak dapat memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang ditentukan oleh panitia seleksi CPNS tahun ini.

Kakanwil Kemenag Aceh Daud Fakeh kepada wartawan, Kamis, 15 November 2018 megatakan jumlah peserta yang lulus tersebut tidak mampu memenuhi kuota formasi yang dibutuhkan. “Total formasi yang kita butuhkan sebanyak 1.250 orang, namun yang lulus hanya 119 orang,” kata Daud Pakeh.

Menurutnya, banyaknya peserta yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi Dasar tersebut dikarenakan masyarakat kurang dalam membaca. Ia mencontohkan, seperti lulusan FKIP dan Tarbiyah yang hanya membaca dan profesional dalam mengajar. “Tapi perkembangan umum lainnya tidak pernah diikuti,” katanya.

Masih kata dia, dalam hal ini pihaknya juga mendukung upaya pemerintah melaksanakan tes CAT untuk mencari kemampuan dasar sangat luar biasa. Hal ini dinilainya suatu sistim yang dibangun oleh pemerintahan sekarang sangat baik sehingga terbebas dari nepotisme dan KKN.

“Soal banyak formasi yang masih kosong, dan kelanjutan pengisian formasi tersebut kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena itu semua kewenangan berada pada kementrian PAN-RB, kita berharap kokosongan tersebut tidak diisi oleh peserta dari luar Aceh,” katanya lagi.

Dalam hal kesiapan, untuk kedepan pihaknya akan memperbaiki tenaga pengajar di derah-daerah melului pembinaan serta sarana dan prasana pendidikan yang lebih baik lagi.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed