oleh

Kenali 3 Ciri Pelaku Korupsi Versi KPK

Jakarta-Perilaku korupsi seakan menjadi budaya yang mengakar di berbagai bidang kehidupan di Tanah Air. Untuk itu, dibutuhkan peran serta masyarakat, termasuk mahasiswa untuk memerangi korupsi sejak dini.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi mengatakan, koruptor memiliki ciri tertentu. Di hadapan ribuan mahasiswa peserta Masa Ta’aruf (MATAF) FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), terdapat tiga ciri tersangka korupsi.

Pertama, para pelaku melakukan korupsi untuk memenuhi kebutuhan mereka. “Kedua, orang yang melakukan korupsi itu karena serakah. Saat ini saja KPK telah menangani para tersangka korupsi yang telah mengambil dana sebanyak 90 persen dari penghasilan negara,” ujar Johan, seperti dikutip OKEZONE.COM dilansir dari laman UMY, Kamis (4/9/2014).

Johan mengungkap, tidak semua pelaku korupsi memiliki sifat serakah. Dia menyebut, lingkungan memiliki pengaruh besar bagi orang baik untuk melakukan aksi korupsi.

“Ketiga, mereka melakukan korupsi karena sistem yang mendorong mereka untuk melakukan korupsi. Jadi orang yang baik bisa saja terjerat korupsi karena sistem yang mendorong mereka untuk melakukan korupsi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Johan juga menyayangkan kekayaan Indonesia yang belum dapat dinikmati oleh seluruh rakyat. Tidak hanya sumber daya alam, tapi juga aliran listrik.

“Kondisi Indonesia saat ini masih memprihatinkan, karena sampai saat ini Indonesia masih impor jagung, beras, kedelai, padahal kita bisa memproduksi di dalam negeri. Dan yang paling membuat miris adalah sampai saat ini masih ada 50 juta (35 persen) rakyat Indonesia yang tempat tinggalnya belum teraliri oleh listrik,” tegas Johan.[]

(Sumber | OKEZONE.COM)

(Editor    | Redaksi)

Komentar

News Feed