oleh

Lima Film Mengharukan Tentang Perjuangan Seorang Ayah

Jakarta-Masyarakat AS merayakan tradisi Father’s Day setiap hari Minggu ketiga pada bulan Juni sejak satu abad silam. Pada momen ini, mereka secara khusus memberi penghormatan bagi sosok ayah serta peran mereka bagi keluarga dan masyarakat.

Dalam kurun waktu itu pula, berbagai kisah tentang ayah menjadi salah satu tema dalam film-film produksi Hollywood Kanal Hiburan Medcom.id memilih lima film menarik di antaranya. Lima film ini dirilis dalam dua dekade terakhir.

1. The Pursuit of Happyness (Gabriele Mucino, 2006)
Kisahnya berlatar San Fransisko 1981. Chris Gardner (Will Smith) adalah pria yang bersinar dan berbakat, tetapi hanya bekerja sebagai penjual keliling alat kesehatan seukuran koper. Kendati banyak alat terjual, pemasukan Chris belum cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Suatu saat, Linda (Thandie Newton) istrinya pindah ke kota lain untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Anak mereka (Jaden Smith) tinggal bersama sang ayah. Sembari merawat anaknya, Chris berjuang mencari pemasukan yang lebih layak. Banyak masalah datang karena kemiskinan, seperti diusir dari apartemen, tinggal di penampungan, serta tidak mampu bayar taksi. Demi impian hidup lebih baik, Chris menapaki karier baru sebagai makelar saham.

Film drama biopik ini diadaptasi dari kisah nyata Chris Gardner, pengusaha Afrika-Amerika kelahiran 1954. Judulnya sengaja memakai kata “happyness” dan bukan happiness, mengambil dari teks mural dalam ceritanya.

LIHAT VIDEO 

2. Cinderella Man (Ron Howard, 2005)
Ketika dunia sedang mengalami depresi ekonomi pada 1930-an, kondisi Amerika juga terpuruk habis-habisan. James J Braddock (Russell Crowe), eks petinju kelas ringan asal New Jersey yang pensiun karena tangan kanan patah, bekerja sebagai kuli pelabuhan demi mencukupi kebutuhan keluarga.

Suatu ketika, James mendapat kesempatan bertarung lagi di ring tinju, menggantikan manajer dan melawan petinju nomor dua di dunia. Laga hari itu mengejutkan orang-orang. James melaju ke rangkaian laga tinju berikutnya. Orang-orang melihat betapa seorang pria dan ayah berjuang habis-habisan demi memenangkan keluarga dan dirinya sendiri.

Film drama olahraga ini juga adalah biopik, yang diangkat dari kisah nyata legenda tinju James J Braddock alias “Cinderella Man.”

LIHAT VIDEO

3. Finding Nemo (Andrew Stanton & Pixar Studios, 2003)
Fabel animasi ini berkisah tentang ikan giru atau badut bernama Marlin dan anaknya bernama Nemo yang tinggal di lautan dekat Great Barrier Reef. Kendati ayahnya yang super protektif melarang karena faktor keamanan, Nemo nekad bertualang ke lautan terbuka. Dia tertangkap kapal manusia dan dikirim ke kantor seorang dokter gigi di Sydney.

Marlin pun berkelana menyusuri lautan untuk mencari dan menyelamatkan anaknya. Bersama ikan dori bernama Dory, mereka menghadapi berbagai bahaya untuk mencapai pelabuhan Sydney. Sementara itu, Nemo dan beberapa hewan laut lain mencari siasat untuk kabur dari akuarium dokter gigi.

Ide ceritanya datang dari sutradara Andrew Stanton berdasarkan beberapa pengalaman sejak kecil. Salah satunya saat Andrew kecil, dia suka berkunjung ke dokter gigi untuk melihat ikan-ikan di akuarium. Dia membayangkan ikan-ikan itu berasal dari laut dan ingin pulang. Lalu pengalaman lain, Andrew membawa anaknya jalan-jalan ke taman, tetapi kemudian sadar bahwa dia bersikap terlalu protektif dan justru merusak momen hari itu.

LIHAT VIDEO

4. Interstellar (Christopher Nolan, 2014)
Masa depan Bumi terancam oleh bencana alam, paceklik, dan kekeringan. Satu-satunya cara bagi manusia untuk bertahan adalah perpindahan lintas galaksi. Sebuah tim astronot berkelana lintas galaksi demi mencari kemungkinan planet baru layak huni. “Lubang cacing” baru ditemukan dan membawa mereka ke tempat yang sama sekali belum pernah didatangi manusia.

Film berdurasi nyaris tiga jam ini memang mengisahkan perjalanan panjang dan rumit dengan berbagai elemen fiksi ilmiah. Namun cerita paling personal yang membungkusnya adalah relasi antara Joseph Cooper (Matthew McConaughey) dan anak perempuannya, Murph (Mackenzie Foy & Jessica Chastain).

Joseph adalah duda dan eks pilot NASA. Dia direkrut kembali untuk misi lintas galaksi tersebut dan kendati anaknya tidak rela, dia tetap pergi. Sejauh-jauhnya Joseph melintasi galaksi berjarak ribuan tahun cahaya lewat lubang hitam, dia “bertemu” Murph dalam cara tak terduga.

LIHAT VIDEO

5. Taken (Pierre Morel, 2008)
Bryan Mills (Liam Neeson) pensiun dari profesi sebagai agen lapangan CIA supaya bisa dekat dengan Kim (Maggie Grace), anak gadisnya berusia 17 tahun yang tinggal bersama ibu dan ayah tiri. Suatu ketika, Kim berencana piknik ke Paris bersama temannya. Dia meminta izin Bryan, yang sebenarnya keberatan karena cemas keselamatan Kim.

Izin didapat Kim. Namun di Paris, dia dan temannya diculik oleh mafia perdagangan pekerja seks. Kim menelepon ayahnya sesaat sebelum disekap. Bryan, yang sempat mengancam bos penculik, menyusul ke Prancis dan memburu komplotan tersebut sendirian demi menyelamatkan anaknya.

Kekuatan utama film ini memang unsur laga dan pertarungan Bryan sang “lone wolf” melawan penjahat. Namun aspek konflik relasi Bryan dengan Kim, mantan istrinya, serta ayah baru Kim, adalah bentura cerita menarik. Bryan punya kehidupan keras, tetapi dia tetap ingin menjadi ayah yang hangat bagi Kim. Film ini punya dua sekuel rilisan 2012 dan 2014, serta adaptasi versi serial televisi yang tayang sejak 2017.[]

LIHAT VIDEO

(Sumber | METROTVNEWS.COM) 

Komentar

News Feed