oleh

LKS SMK Tingkat Provinsi Tahun 2019 Dimulai

Bireuen-Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVIII Tingkat Provinsi Aceh, dimulai. Kegiatan tersebut akan berlangsung sejak 7-12 September 2019, di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe.

Opening Seremonial dilakukan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT, diwakili oleh Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos, Sabtu (06/09/2019) malam, di halaman Pendopo Bupati setempat.

Hadir pada pembukaan tersebut, Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos, Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD, MPA, unsur Forkopimda, Tokoh Ulama, Perwakilan PT. Innovam Indonesia, Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, SKPK Bireuen, Pejabat Struktural dilingkungan Dinas Pendidikan Aceh.

Sebelum LKS SMK dibuka, semua kontingen Kabupaten/Kota melakukan defile, dengan mengambil garis start depan SMPN 1 Bireuen menuju Pendopo Bupati melewati panggung kehormatan kemudian langsung duduk di tempat yang sudah disediakan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 414 siswa-siswi SMK yang berasal dari 23 Kabupaten/Kota. “Nah, pada ajang ini ada 39 cabang lomba yang dipertandingkan dengan menghadirkan dewan juri dari P4TK dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) terkait,” kata Kepala Aceh Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD, MAP.

Ia juga mengatakan, LKS SMK itu mengusung tema “Kompeten menyongsong Industri 4.0 Menuju Aceh Carong”.

“LKS SMK ini menjadi magnet vokasi di Bumi Serambi Mekkah. Penyelenggaraan LKS ini sebagai wujud program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam peningkatan kompetensi dan menanamkan karakter positif siswa,” katanya lagi.

Selain itu, tambahnya, panitia juga menyediakan stand pameran produk inovasi unggulan untuk setiap perwakilan MKKS-SMK masing-masing Kabupaten/Kota, PT. Innovam Indonesia dan beberapa Lembaga DUDI lainnya.

“Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Pendopo Bupati Bireuen, tujuan utama pelakasanaan pameran ini supaya masyarakat bisa melihat langsung buah karya anak-anak SMK dan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMK,” tambahnya.

Ia mengharapkan LKS SMK ini dapat terpilihnya putra/putri terbaik Aceh dalam bidang lomba yang mereka ikuti, serta bisa meningkatan kreativitas siswa dalam bidang skill dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri siswa serta terasahnya kepekaan siswa dalam menghargai karya orang lain. [] Advertorial

Komentar

News Feed