oleh

Memperkuat Eksistensi Dayah Ditengah Masyarakat

Banda Aceh-Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny mengakui, dayah-dayah di Aceh akan mengalami berbagai tantangan aktual dewasa ini. Itu sebabnya, ia meminta seluruh pimpinan dayah untuk memperkuat eksistensi dayah ditengah masyarakat.

Usamah El Madny juga mengharapkan peran abu-abu, imum syiek serta seluruh pimpinan dayah di Aceh, untuk bersama-sama menyatukan persepsi, guna meningkatkan daya saing dayah. Sehingga, dayah akan menjadi pilihan nomor bagi anak-anak Aceh untuk menuntut ilmu.

Harapan itu disampaikan Usamah El Madny, dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Pengurus Besar (PB) Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) di Markaz PB HUDA, Gampong Bayu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Sabtu (20/7/2019).

Diskusi yang mengambil tema”Islam, Aceh dan Masa Depan Dayah” juga menghadirkan Ketua HUDA, Tgk Muhammad Yusuf A Wahab, Wakil Ketua PB HUDA, Tgk H. Hidayat Muhibuddin Waly, Anggota DPR Aceh, Musannif, Ustadz Masrul Aidi, Pengurus HUDA, dan aktivis peduli dayah serta kalangan akademisi.

Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab yang akrab disapa Ayah Sop Jeunieb, mengatakan. Tujuan diselenggarakannya diskusi ini untuk menjaring ide-ide, dan gagasan dari berbagai kalangan dalam rangka memperkuat eksistensi institusi pendidikan dayah.

Di tengah berbagai tantangan aktual yang dihadapi umat Islam dewasa ini, maka ia mengharapkan agar dayah terus eksis dan memberi manfaat untuk Aceh hari ini dan masa depan. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed