oleh

Menantu Luhut Pandjaitan Jabat Komandan Paspampres

Jakarta-Markas Besar TNI kembali melakukan rotasi dan mutasi jabatan sejumlah perwira tinggi TNI berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018. Dalam surat keputusan yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ada beberapa perwira tinggi TNI yang menduduki jabatan strategis.

Beberapa nama pati TNI yang mendapat promosi jabatan di antaranya Panglima Kostrad (Pangkostrad) akan dijabat Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, yang sebelumnya menjabat Panglima Kodam III/Siliwangi. Ia menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang lebih dulu dilantik sebagai Kepala Staf TNI AD.

Kemudian ada nama Brigjen TNI Maruli Simanjuntak yang diangkat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Dan Paspampres), menggantikan Mayjen (Mar) Suhartono yang dipromosikan sebagai Komandan Korps Marinir. Sementara Komandan Korps Marinir Mayjen Bambang Suswantono dimutasi menjadi Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL.

Brigjen Maruli Simanjuntak sebelumnya menjabat Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro dan pernah menjabat Wadan Paspampres. Sedangkan jabatan Kasdam IV/Diponegoro akan dijabat seniornya di Kopassus, Brigjen Teguh Muji Angkasa.

Dari beberapa nama pati TNI yang mendapat promosi, nama Brigjen Maruli paling disorot. Karier menantu Menko Luhut Pandjaitan itu melejit dalam waktu singkat.

Brigjen Maruli sebenarnya baru sebulan menjabat Kasdam IV Diponegoro. Ia baru saja melakukan serah terima jabatan Kasdam IV pada Senin, 22 Oktober 2018, dari jabatan asalnya, Wadan Paspampres.

Pria kelahiran 48 tahun silam itu kembali ke Paspampres sebagai orang nomor satu di Korps Baret Biru. Dengan jabatan Dan Paspampres, lulusan Akademi Militer 1992 itu otomatis akan naik pangkat menjadi jenderal bintang dua alias Mayjen TNI.

Brigjen Maruli berasal dari satuan infanteri. Maruli mengawali kariernya di Detasemen Tempur Cakra. Ia lama berkarier di kesatuan Korps Baret Merah Kopassus sampai menjabat Asisten Operasi Danjen Kopassus.

Suami Paulina Pandjaitan ini selanjutnya berkarier di Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres). Pada periode 2014-2016, Maruli pernah menjabat Dan Grup A Paspampres dan pada tahun 2017 menjabat Wadan Paspampres dengan pangkat Brigadir Jenderal.[]

(Sumber | VIVA.CO.ID)

Komentar

News Feed