oleh

Pantai Suak Timah Jadi Destinasi Pamungkas Libur Lebaran di Aceh

Meulaboh-Liburan lebaran dimanfaatkan sebagian besar warga di Kabupaten Aceh Barat untuk rekreasi. Salah satu tujuan wisata warga Bumi Teuku Umar adalah pantai.

Negeri Pasie Karam memang terkenal dengan objek wisata bahari. Pantai yang sering dipadati pengunjung pada momen liburan antara lain, Pantai Lhok Geudong, Lhok Bubon, Ujung Karang, Suak Ribe, Pantai Kasih, Batu Putih, Pantai Suak Geudubang, dan lainnya.

Keramaian juga terlihat di kawasan Pantai Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Sabtu sore (8/6/2019). Para pengunjungnya mulai dari remaja hingga keluarga.

Cuaca sempat mendung, namun tidak menyurutkan niat para pengunjung mendatangi pantai yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Meulaboh ini. Pantai ini berada di pinggir jalan lintas Meulaboh-Banda Aceh.

Panorama di pantai Suak Timah dapat meneduhkan pikiran. Bunyi ombak dan desiran angin yang ada di pantai ini begitu menenangkan.

Banyak di antara pengunjung yang sengaja melepas sendal atau sepatu khusus untuk bermain-main di pasirnya yang lembut. Sementara anak-anak bermain ria, berkejaran dengan ombak-ombak kecil atau mengeruk-ngeruk pasir mencari anak kepiting yang berlarian.

Tidak sedikit pula yang memanfaatkan panorama di pantai ini sebagai latar swafoto atau foto bersama rekan sejawat dan keluarga.

“Sumpek di kota melulu. Ingat kerjaan. Hehe. Di sini bisa jadi terapi yang bagus, loh, bang,” ucap Selfi (23), kepada Liputan6.com, Sabtu sore (8/6/2019).

Selain dilenakan oleh suasana pinggir pantai yang indah, para pengunjung juga dapat berteduh di bawah rimbunan pohon cemara yang ada di sepanjang pantai.

Beberapa keluarga bahkan menggelar tikar di bawah rindangnya pepohonan cemara. Ada yang sengaja membawa bekal dari rumah, ada pula yang memesan langsung dari kafe-kafe yang ada di tempat itu.

Kafe-kafe sederhana ini milik warga setempat. Menyediakan makanan seperti mi Aceh, dan mi kepiting, yang  kian nikmat jika dipadukan dengan berbagai jenis minuman, mulai dari aneka jus, sirop, hingga kelapa muda yang juga dijual di kafe-kafe tersebut.

“Sekali-kali, setahun sekali, kan. Bersama keluarga. Kapan lagi happy begini,” ungkap Desi (36).

Wahana Permainan Anak

Keramaian di pantai itu menjadi ladang rezeki bagi sebagian pedagang. Mulai dari pedagang kacang rebus, hingga penjual mainan anak-anak menjubeli kawasan Pantai Suak Timah.

“Lumayan lah, bang. Dari hari biasa. Ini sudah di sini dari habis zuhur,” ujar seorang pedagang jagung rebus, Edi (26).

Terdapat juga perosotan hingga tempat mancing ikan-ikanan. Selain itu, masih banyak lagi berbagai wahana permainan anak-anak lainnya

Para pengunjung yang sedang menghabiskan waktu libur lebaran itu tampak ceria. Menjelang magrib, mereka mulai mengosongi kawasan pantai.

Sebelumnya keramaian bahkan mulai terlihat di persimpangan Samatiga. Jalan dipadati oleh berbagai kendaraan yang hendak menuju kawasan pantai tersebut.

Polisi bahkan sempat beberapa kali memberhentikan dan menegur sopir pikap yang membawa penumpang dengan kapasitas berlebih. Satuan lalu lintas mengawasi arus lalu lintas di kawasan itu untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. []

(Sumber | LIPUTAN6.COM)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *