oleh

Pernah Diselingkuhi? Lakukan Hal Ini agar Cepat Move On!

PERNAH menjadi korban perselingkuhan tentu bukan hal yang menyenangkan, ya. Rasa sakit, kecewa, hingga marah semuanya menjadi satu. Enggak heran kalau pada akhirnya akan muncul rasa trauma dan sedikit takut untuk menjalani hubungan dekat kembali.

Meski rasa takut dan trauma akibat perselingkuhan bukan hal yang mudah untuk dihilangkan, jika tidak mencoba menghilangkannya sama saja membuat diri kehilangan banyak kesempatan untuk bisa berkembang menjadi lebih baik.

Nah, agar Kamu bisa membangun kepercayaan lagi dan move on dari kenangan perselingkuhan yang buruk, berikut beberapa cara yang bisa Kamu lakukan!

1. Tak perlu terburu-buru memulai hubungan
Memilih untuk sendiri dulu beberapa waktu dapat memberi kesempatan pada dirimu memperbaiki suasana hati, menyembuhkan luka setelah dikhianati, dan membangun kepercayaan diri kembali. Untuk mengisi waktu, Kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan terapi dengan ahlinya, sehingga proses penyembuhan psikologismu bisa menjadi lebih cepat.

Memulai hubungan percintaan yang baru saat masih galau hanya akan membuatmu lebih rentan mengambil keputusan yang salah.

2. Lakukan secara perlahan
Jika kepercayaan dirimu sudah mulai kembali, tak ada salahnya untuk mulai membuka diri dengan seseorang. Namun, tetap jangan lakukan secara terburu-buru. Berikan waktu untuk dirimu agar benar-benar mengenal dirinya. Jadikan dirimu ‘penjaga’ yang baik bagi dirimu sendiri. Tentukan batasan sejauh mana orang tersebut dapat memengaruhi emosi dan juga dapat menyentuh dirimu.

3. Evaluasi orang yang dekat denganmu
Satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa seseorang bisa dipercaya dalam hubungan adalah melalui sikap dan tingkah lakunya. Carilah orang yang benar-benar bisa menepati janjinya padamu. Tak perlu khawatir jika Kamu membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan evaluasi tersebut. Kalau memang tulus denganmu, ia akan dengan sabar menunggumu.

4. Evaluasi kembali hubungan di masa lalu
Tak ada salahnya untuk mengingat kembali hubunganmu sebelumnya. Meski terasa menyakitkan, Kamu bisa melakukan evaluasi mengenai hal-hal positif dan negatif yang pernah dilakukan pada hubungan sebelumnya. Buatlah daftar hal negatif apa saja yang pernah Kamu lakukan di masa lalu. Lakukan hal yang sama untuk hal-hal positifnya.

Dengan membuat daftar tersebut, Kamu tidak akan melakukan hal-hal negatif kembali. Sedangkan, hal positif yang Kamu lakukan di masa lalu bisa dijadikan acuan dalam membangun hubungan yang baru di kemudian hari.

5. Tunjukkan keinginanmu untuk serius
Jika pada akhirnya Kamu sudah menemukan seseorang yang benar-benar bisa dipercaya dan dapat dijadikan teman dekat yang tepat, cobalah untuk mulai membuka diri dan tunjukkan keinginan bahwa Kamu memang ingin serius dengannya. Keseriusan akan menciptakan koneksi di antara kalian dan membuat hubungan semakin serius.

6. Percayalah bahwa pengalaman pahit justru menguatkanmu
Tak perlu terlalu lama bersedih karena peristiwa buruk di masa lalu. Sebaliknya, jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran dan membuatmu lebih kuat. Ingatlah bahwa ketika Kamu sudah memiliki kehidupan baru yang lebih menyenangkan, orang yang menyakitimu tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk melakukan hal yang sama seperti dulu.

Menghadapi perselingkuhan tentu menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Namun, jangan sampai hal tersebut membuatmu tidak bisa bergerak maju dan tenggelam dalam rasa kesedihan yang berlarut-larut ya, Gengs![]

(Sumber | GUESEHAT.COM)

Komentar

News Feed