oleh

PKH Aceh Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Banda Aceh-Program Keluarga Harapan (PKH) Provinsi Aceh turut ambil andil mengumpulkan donasi untuk membantu korban gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala, dan Sigi di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Donasi yang dikumpulkan petugas PKH di 23 kabupaten/kota di Aceh yang terbagi dalam tiga wilayah tersebut mencapai Rp 208.116.500. Bantuan tersebut diserahkan ke Dinas Sosial Aceh dan diterima Sekretaris Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah, didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Yusri di Hotel Oasis, Jum’at, 26 Oktober 2018) malam.

Koordinator Wilayah PKH Aceh II Mahmudsyah Putera mengatakan,  donasi yang terkumpul tersebut disumbangkan oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH atas inisiatif dari petugas PKH dari Kabupaten Aceh Utara melalui gerakan donasi Rp 1000 per KPM yang dicanangkan oleh petugas PKH Aceh Utara.

Koordinator Wilayah PKH Aceh II Mahmudsyah Putera.(DOK.PENAPOST.COM)

Sebelum melakukan penggalangan, mereka terlebih dulu memperolah izin (SK) dari Dinas Sosial Kabupaten Aceh Utar. Sebab, jika penggalangan dana dilakukan tanpa izin dari pemerintah bisa dianggap sebagai pungutan liar.

“Semula hanya Aceh Utara yang melakukan penggalangan, namun kemudian diikuti oleh PKH di seluruh kabupaten/kota seluruh Aceh,” ujar Mahmudsyah.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, Kabupaten Aceh Utara tercatat yang paling banyak mengumpulkan donasi, yaitu mencapai Rp 116.724.000,- yang kemudian sebanyak Rp 71.724.000,- diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Sementara sisanya Rp 45.000.000,- juta diserahkan melalui Dinas Sosial Aceh yang kemudian akan diserahkan ke Pemerintah Aceh melalui BPBA.

Mahmudsyah mengungkapkan, petugas PKH di Aceh berhasil mengumpulkan total donasi Rp 208.116.500,- dalam tempo waktu dua minggu yang dkumpulkan di sela-sela memberikan materi kepada KPM PKH di tiap-tiap kabupaten/kota.

“Kita awalnya cuma meminta bagi yang bersedia per KPM PKH Rp 1000,- namun saat kita lakukan penggalangan malah banyak yang memberikan lebih karena tujuannya untuk membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah,” katanya.

Kepala Seksi Kaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Aceh, Siti Hodijah berharap agar bantuan tersebut bermanfaat bagi korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

 “Harapan kita bisa bermanfaatlah, karena beginilah cara kita peduli terhadap sesama,” katanya berharap.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed