oleh

PNS Wajib Lapor Kegiatan Harian Lewat WhatsApp

PENAPOST.COM-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Makueni, Kenya, wajib melaporkan kegiatan hariannya lewat aplikasi pesan instan WhatsApp. Kebijakan baru ini diharapkan bisa berjalan pada tahun ini. Laporan tersebut dikirimkan ke grup WhatsApp yang dibuat Komisioner Makueni, Mohammed Maalim.

Tak hanya laporan kegiatan, ia juga mengharuskan seluruh kepala dinas di Makueni melengkapinya dengan bukti foto. “Saya pribadi yang memonitor dan memeriksa langsung. Apakah mereka melaksanakan perintah atau tidak,” kata Maalim, dilansir VIVA.CO.ID dari Nation, Rabu, 2 Desember 2019.

Ia mengatakan saat mendeteksi kepala dinas atau bawahannya absen, maka dirinya langsung melaporkan ke bagian pengawasan. Nanti, lanjut Maalim, mereka yang melakukan tindakan indisipliner tersebut. Tak hanya itu. Maalim meminta kepada seluruh kepala dinasnya untuk memastikan bahwa semua PNS agar menandatangani daftar hadir dan keluar.

Hal ini sebagai cara untuk mengidentifikasi ‘lari dari tugas’. Dengan pendekatan manajemen baru ini, Maalim berharap bisa menghilangkan budaya kerja buruk para abdi negara tersebut.

“Kebijakan baru ini untuk mengatasi kinerja buruk para PNS serta memberikan layanan tempat waktu dan berkualitas. Tidak ada yang lebih buruk dari korupsi. Menyelinap saat sedang tugas itu bagian dari korupsi,” tegas Maalim. []

(Sumber | VIVA.CO.ID)

Komentar

News Feed