oleh

Program 1 Gampong 1 PAUD di Aceh Sudah Berjalan 70 Persen

Banda Aceh-Pembina Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Dyah Erti Idawati, menyampaikan bahwa untuk membangun pondasi pendidikan bermutu bagi anak Aceh, pihaknya bersinergi dengan program PAUD nasional, yakni membangun 1 gampong 1 PAUD.

“Program 1 gampong 1 PAUD di Aceh sudah berjalan 70 persen. Kita juga berharap kepada seluruh Bunda PAUD baik itu mulai dari level provinsi, Kabupaten/Kota sampai pada tingkatan gampong, dimana di gampong inilah kita harapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga baik itu kuantitas maupun kualitas PAUD. Harapannya juga kita bisa lebih konsen, lebih perhatian, lebih semangat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini kita,” katanya.

Hal itu disampaikan Dyah Erti Idawati saat membuka Rapat Koordinasi Bunda PAUD seluruh provinsi Aceh di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia mengatakan, Bunda PAUD memiliki peran penting dalam membentuk generasi Indonesia khususnya Aceh, menjadi generasi yang berkualitas. Generasi berkualitas, dapat dibentuk melalui pemberian layanan pendidikan bermutu kepada anak-anak sejak masih usia dini.

“Untuk itu, mohon kita semua dapat secara maksimal berdiskusi dan mengeluarkan ide untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) di daerah kita,” ujar Dyah.

Dyah berharap, melalui rakor tersebut, program Bunda PAUD seluruh Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan program PAUD nasional. Kemudian, katanya lagi, para Bunda tersebut juga dituntut untuk memperkuat implementasi pendidikan agama Islam di setiap PAUD di daerahnya, guna mendukung pelaksanaan Syariat Islam di Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, menyampaikan PAUD merupakan wadah untuk membentuk generasi Aceh yang lebih baik sejak dari usia dini. Menurutnya, peran Bunda PAUD Aceh sangat membantu program Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

Masih kata Kadisdik Aceh, kinerja Bunda PAUD sudah berkembang dengan sangat baik. Ia melihat berbagai kegiatan yang dilakukan Bunda PAUD sangat bermanfaat bagi anak usia dini.

Dalam kesempatan itu, Syaridin mengingatkan agar para Bunda PAUD seluruh Aceh dapat mengedepankan pendidikan karakter bagi anak didik. Sebab pendidikan karakter amat penting untuk menangkal pemahaman radikalisme.

Ketua Panitia Pelaksana Rakor Bunda PAUD seluruh Aceh, Dinda Afrianti, mengatakan tujuan dari Rakor tersebut adalah untuk mensinergikan program Bunda PAUD provinsi dengan program seluruh daerah.

Ia menjelaskan, rakor tersebut juga bertujuan untuk memberikan informasi baru terkait aturan nasional tentang pendidikan anak usia dini. “Rakor ini akan berlangsung selama 4 hari, mulai dari 18 sampai dengan 21 Juli. Peserta Rakor ini terdiri dari Bunda PAUD Kabupaten/Kota seluruh Aceh dan Kepala Bidang di Dinas Pendidikan Se Aceh,” tambahnya menerangkan. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed