oleh

Santri Dayah Nahzatul Jadid Al-Amiriah Ikut Sayembara Qira’atul Kutub

Banda Aceh-Sejumlah santri Dayah Nahzatul Jadid Al-Amiriah Gampong Kayee Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, mengikuti Sayembara Qira’atul Kutub. Sayembara ini bertujuan untuk memperkuat ukhwah islamiah antara sesama santri.

Sayembara yang berlangsung ba’da Shalat Isya di dayah tersebut dibuka Keuchik Gampong Kayee Lee, Mukhtar, Selasa, 25 Desember 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang akan digelar pada 12 Januari 2019 dan menghadirkan penceramah Tgk. H. Husaini (Waled) Wakil Bupati Aceh Besar.

“Kegiatan sayembara ini juga upaya melatih diri dalam mengamalkan kitab-kitab yang selama ini dipelajari, tentunya dengan cara menghafal,” ujar Keuchik Mukhtar, dalam keterangan Pers, Rabu (26/12/2018).

Pimpinan Dayah Nahdatul Jadid Al-Amiriah, Gampong Kaye Lee, Tgk H. Munir Abd Al-Asyie (Abu Munir) menjelaskan, ada tiga kegiatan inti dalam sayembara ini, yaitu Qira’atul kutub atau surah kitab kuning, pidato dan hafalan.

“Pada sayembara ini diikuti oleh santri dayah baik yang mondok maupun santri yang tinggal di Gampong Kaye Lee dan sekitarnya,” jelasnya.

Tgk H. Munir Abd Al-Asyie atau akrab disapa dengan Abu Munir ini menyampaikan sebagai dayah Salafie fokus terhadap pengembangan ilmu pendidikan agama termasuk kegiatan Qira’atul Kutub.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat daya ingat santri dan memperdalam ilmu yang selama ini santri dapatkan, serta mepersiapkan generasi bangsa dan agamais sesuai dengan tututan syariat Islam yang telah digariskan oleh Allah SWT dan rasulnya dalam Al-Quran dan Hadis,” katanya.

Ia menambahkan, pada sayembara tersebut pihaknya melibatkan dewan juri dayah tersebut dan Dayah Ulee Titi. Hasil dari sayembara tersebut akan diumumkan pada malam perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yaitu pada 12 Januari 2019 nanti, tambahnya menutup. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed