oleh

Seluruh Gampong di Banda Aceh Dapat Becak Patroli Sampah

Banda Aceh-Sebagai wujud Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dalam mendukung strategi penanganan sampah, seluruh gampong di pusat ibukota provinsi Aceh ini mendapatkan becak sampah. Sebagaimana diketahui, Kota Banda Aceh memiliki sebanyak sembilan kecamatan dan 90 gampong.

Penyerahan becak patroli sampah ini diserahkan secara simbolis oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Senin, 3 Desmeber 2018, di halaman balai kota setempat. Becak Patroli Sampah ini, dapat membatu menyelesaikan persoalan sampah di tingkat gampong.

Aminullah menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2017 mewajibkan semua daerah bebas sampah pada 2025 mendatang.

“Targetnya, penanganan sampah mencapai 70 persen dan pengurangan sampah sebanyak 30 persen dari volume sampah yang dihasilkan. Keberadaan becak patroli sampah ini juga untuk mendukung strategi penanganan sampah, dimana setiap gampong diwajibkan menyediakan minimal satu TPS, maksimal mengikuti skala 1 TPS berbanding 20-30 rumah tangga agar pelayanan sampah dapat lebih maksimal,” katanya.

Ia juga berharap becak sampah ini dapat dijaga dengan baik dan dimaksimalkan pemanfaatannya oleh pemerintah gampong. “Pengelolaannya nanti langsung oleh gampong. Dengan adanya becak khusus ini, sampah dari rumah warga bisa dibawa dengan mudah ke TPS terdekat, yang selanjutnya akan angkut ke TPA oleh petugas DLHK3 Banda Aceh,” harapnya. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed