oleh

Siswa ‘SMK’ Ini Ogah Jadi Pegawai Negeri Sipil

Banda Aceh-Ditengah membludaknya jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedang direkrut oleh pemerintah, namun bukan berarti semua warga menginginkan untuk menjadi abdi negara. Lihat saja, sejumlah siswa-siswi SMK, misalnya. Disela-sela penutupan Workshop Karya Inovasi, mereka justeru sama-sekali tidak bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu terungkap saat Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, sesaat sebelum menutup kegiatan yang berlangsung beberapa hari lalu, di sebuah Hotel, di Banda Aceh. Ia pun mencoba melemparkan pertanyaan kepada peserta kegiatan tersebut.

“Siapa diantara anak-anak disini yang bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) nantinya setelah lulus dari SMK dan silahkan tunjukkan tangan?,” tanya Zulkifli sambil mengangkat tangannya sebagai isyarat.

Tidak satupun siswa-siswi yang menunjukkan jari.Melihat kondisi tersebut, Zulkifli sempat mengulang pertanyaan terkait siapa saja yang bercita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, pada penutupan Workshop Karya Inovasi Siswa SMK, Minggu (28/10/2018), di Banda Aceh.(FOTO | M.ZAIRIN/PENAPOST.COM)

Lagi-lagi tidak ada satu pun menunjukkan jari.Sebaliknya Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK yang dalam kesempatan itu mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, mengajukan pertanyaan.

“Dan siapa saja yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha,” tanyanya lagi.Secara spontan ramai-ramai siswa-siswi menunjukkan jari bertanda mereka sangat berkeinginan menjadi pengusaha.

Satu persatu dari siswa-siswi yang tidak lain adalah peserta Workshop Karya Inovasi Siswa SMK, menjelaskan betapa besarnya keinginan mereka untuk menjadi seorang pengusaha bidang otomotif, butik dan lainnya.

Pengakuan ini membuat Zulkifli yang pada kesempatan itu didampingi penanggung jawab tekhnis kegiatan Workshop Karya Inovasi Siswa SMK, Drs. Zulkarnaini, terharu atas jawaban para peserta didik tersebut.

Ia pun terus memotivasi peserta didik untuk terus meningkatkan belajar di sekolah, sehingga siswa SMK benar-benar mampu menjadi agen perubahan bidang pendidikan di provinsi Aceh dan tekad Aceh hebat dapat terwujud sebagai mana harapan semua pihak.

Penanngung jawab teknis kegiatan, Drs. Zulkarnaini, menjelaskan, kegiatan karya inovasi siswa SMK bertujuan terlatihnya siswa SMK dalam menyiapkan diri untuk mampu mewujudkan kreatifitas dalam berinovasi dan berwirausaha..

Selain itu, kata Zulkarnaini, kegiatan ini juga untuk terwujudnya upaya penguatan pembelajaran kewirausahaan SMK yang berorientasi pada pembentukan karakter wirausaha.

“Peserta didik diharapkan memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam mengemas unjuk kreativitas dalam berinovasi dan berwirausaha,” tambahnya.[]

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed