oleh

Sudah Benarkah Anda sebagai Orangtua Mendidik Anak?

Setiap orangtua tentunya ingin bila anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Akan tetapi setiap orangtua memiliki cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak, Anda juga perlu banyak usaha untuk menjadi yang terbaik.

Menjadi orangtua tentu bukan hal mudah. Banyak hal yang tak boleh dilakukan orangtua jika ingin melihat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang santun dan sukses, salah satunya adalah jangan selalu menyalahkan anak, tanpa pernah melakukan introspeksi diri sendiri, apakah didikan Anda kepada anak sudah benar.

Nah, berikut ini adalah tanda sudah benarkah Anda mendidik anak dengan baik atau belum, seperti yang dilansir dari situs Boldsky.com. Tetapi ingatlah, tidak ada anak maupun orang tua yang sempurna di dunia ini.

1. Perlakuan anak terhadap teman-temannya.
Ini adalah pengukur utama yang menandakan bahwa performa Anda sebagai orang tua baik atau tidak. Jika anak terlihat mudah bersosialisasi dengan teman sebayanya, dan memiliki teman-teman akrab, hal ini mencerminkan bahwa didikan orangtua kepada anak sebagai bagian dari masyarakat sudah berhasil.

2. Sang anak mengenali bakat dan talentanya.
Tiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda, dan dapat berubah seiring dengan waktunya. Nah, tanda bahwa Anda sudah menjadi orangtua yang baik adalah saat anak mengetahui bakat yang dimiliki dan dapat menyalurkannya. Terus mendukung bakat anak adalah salah satu tugas penting dari orang tua.

3. Perlakuan anak terhadap orang yang lebih tua.
Ketika anak memiliki rasa hormat dan sayang pada orang yang lebih tua, Anda boleh berbesar hati, karena berarti Anda sudah mengajarkan anak sopan santun serta tata krama yang baik.

4. Bahagianya si buah hati dan Anda sebagai orang tua.
”Apakah anak saya bahagia” adalah pertanyaan yang sering ditanyakan orangtua terhadap dirinya sendiri. Anda dapat melihat kebahagiaan yang terpancar dari binar mata dan celotehan si anak, yang paling penting, jadilah orangtua yang bahagia. Karena dengan begitu Anda sudah pasti akan menularkan kebahagiaan pada anak-anak.

SUMBER | KOMPAS.COM

Komentar

News Feed