oleh

Wapres hadiri puncak Hari Nusantara di Aceh

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Aceh untuk menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara 2015 yang digelar di Pelabuhan Lampulo Kota Banda Aceh. Wapres bersama rombongan terbang dengan pesawat kepresidenan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu.

Ikut serta dalam rombongan yaitu Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan, Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Wapres tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda Kota Banda Aceh disambut oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Aceh.

Setiba di lokasi acara, Wapres dan rombongan akan disambut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Gunbernur Aceh dan Wali Kota Banda Aceh.

Pada peringatan Hari Nusantara akan dibacakan naskah Deklarasi Juanda oleh tiga pelajar Kota Banda Aceh.

Selanjutnya penyerahan Pataka Kepanitiaan Hari Nusantara Tahun 2016 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral kepada Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia.

Kegiatan tersebut juga diisi Pembacaan Pernyataan Keluarga Berencana Nasional oleh Kepala BKKBN dan pembacaan pernyataan BAKAMLA oleh Kepala BAKAMLA.

Wapres juga akan menyaksikan atraksi laut yang diawali dengan pemukulan rapai pase sebagai tanda dimulainya atraksi laut yang diakhiri dengan penyerahan Kemudi Kapal dari Pasukan Katak TNI AL kepada Wapres.

Pada kesempatan itu juga diserahkan peta rupa oleh Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial kepada Gubernur Aceh, serta peluncuran Jalur Samudera Cheng Ho dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Selain itu juga diluncuran Infrastruktur Energi untuk Cluster Ekonomi Maritim oleh Menteri ESDM dan Pencanangan Pengembangan Desa Inovasi Berbasis Ekonomi Masyarakat melalui PLTH di Aceh Besar.

Pada puncak peringatan tersebut, Wapres akan menyaksikan penyerahan penghargaan baik kepada perorangan maupun kelompok dan menganugerahkan tanda kehormatan berupa Satyalancana Wira Dharma dan Satyalancana Wira Nusa.

Dijadwalkan, Wapres akan makan siang bersama para nelayan dalam acara Khanduri Laot usai meninjau pameran yang tidak jauh dari lokasi peringatan Hari Nusantara.

Wapres dijadwalkan akan kembali ke Jakarta usai rangkaian peringatan Hari Nusantara.

SUMBER | ANTARA

Komentar

News Feed