oleh

Warga Cot Lagan Woyla Antusias Hadiri Pencoblosan Pemilihan Tuha Peut

Meulaboh-Antusiasme warga Gampong Cot Lagan, Kecamatan Woyla, Aceh Barat, Rabu, 12 Juni 2019, menghadiri pencoblosan pemilihan Tuha Peut Gampong tersebut yang kini sudah menjadi ajang pesta demokrasi bagi warga di tempat pemilihan, patut di contoh.

Untuk diketahui, Tuha Peut merupakan sebuah lembaga desa untuk mendukung tugas dan fungsi keuchik sebagai kepala desa dalam mengelola anggaran dan pendapatan gampong, membahas dan menyetujui qanun gampong, menyalurkan setiap aspirasi masyarakat dan perangkat desa lainnya serta memberi nasehat untuk menyelesaikan setiap sengketa yang timbul dalam kehidupan masyarakat.

Kini keberadaan Tuha Peut mulai di rekrut melalui pemilihan langsung dari masyarakat, berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya yang hanya ditunjuk oleh perangkat desa, sehingga dalam pemilihan tersebut menjadi ajang keseruan dan pesta demokrasi bagi masyarakat di tempat pemilihan berlangsung.

Panitia pemilihan Tuha Peut Gampong Cot Lagan, Woyla, Rairan, mengatakan pemilihan Tuha Peut tersebut berjalan dengan aman dan damai. Ia berharap dengan keberadaan Tuha Peut periode 2019-2025 bisa membawa gampong tersebut ke arah yang lebih baiik dan tetap menjaga syariat Islam.

Pemilihan Tuha Peut Gampong Cot Lagan di ikuti sebanyak 10 orang calon. Namun sesuai ketentuan desa tersebut hanya membutuhkan tujuh anggota Tuha Peut. Sehingga tiga diantaranya harus menerima kekalahan. []

(Editor | Redaksi)

Komentar

News Feed