oleh

Warga Lhokseumawe Aceh Ramai-ramai Tonton Fenomena Super Snow Moon

Lhokseumawe-Warga di Lhokseumawe, Aceh, ramai-ramai menonton fenomena Super Snow Moon di Bukit Alue Awe. Masyarakat juga terlihat mengunjungi IAIN Lhokseumawe yang menyediakan teleskop di lokasi.

Sekretaris Jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe, Tengku Ismail, menjelaskan Bulan kali ini terlihat besar karena sangat dekat dengan Bumi. Dia menyebut fenomena ini istimewa.

“Purnama hari ini sangatlah istimewa daripada purnama-purnama biasanya. Hal tersebut dikarenakan posisi bulan saat malam purnama berada pada titik yang sangat dekat dengan Bumi,” kata Tengku Ismail, Selasa (19/2/2019).

Dia menyebutkan posisi Bulan berada pada 363.300 km dan menjadi posisi terdekat Bulan dengan Bumi pada 2019. Bulan berada pada posisi terdekat pada pukul 16.02 WIB hari ini, dengan puncak purnama terjadi pada pukul 22.53 WIB.

“Malam ini di langit Kota Lhokseumawe kita melihatnya sangat lancar. Cuaca juga sangat mendukung walaupun sebagian kecil ditutupi awan, namun tidak menjadi penghalang karena bisa dilihat dengan sempurna,” sebut Ismail.

Super Snow Moon diperkirakan menghiasi penjuru dunia pada Selasa (19/2) malam. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan Super Snow Moon merupakan bagian dari Super Moon.

Bedanya, posisi Bulan ke Bumi akan berada di posisi yang lebih dekat dari biasanya. Itu membuat cahayanya bisa jadi lebih terang 30 persen, dalam jarak yang lebih dekat 14 persen dari keadaan normal. []

(Sumber | DETIK.COM)

Komentar

News Feed